Postingan Populer

Jumat, 22 September 2017

Materi Fisika Besaran Vektor

Besaran jika ditinjau berdasarkan nilai dan arahnya dikelompokkan menjadi besaran vektor dan besaran skalar, besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah diantaranya : Perpindahan, kecepatan, percepatan,gaya, momentum dan berat. sedangkan besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai saja misalnya, jarak, kelajuan, panjang, waktu, massa, volume, suhu dan energi.
Amati ilustrasi berikut!
Dua buah motor yang sedang bergerak dengan arah yang berlawanan, jika angka yang ditunjukkan speedometer kedua motor sama, maka dalam fisika dapat dikatakan kecepatan kedua motor tersebut berbeda namun kelajuan motor tersebut sama. seperti yang kita ketahui sebelumnya, kecepatan merupakan besaran vektor yang memiliki nilai dan arah, selain melihat nilainya kita perlu pula untuk meninjau kemana arahnya, oleh karena itu, pada ilustrasi diatas, kecepatan dilihat dari angka yang ditunjukkan speedometer beserta arah motor bergerak, sedangkan kelajuan hanya melihat dari angka yang ditunjukkan speedometer saja.

Penggambaran Vektor
Suatu konsep akan lebih mudah dipahami jika digambarkan dalam bentuk diagram, terutama yang berhubungan dengan vektor. pada diagram, setiap vektor dinyatakan dengan tanda panah yang mengarah pada arah vektor itu sendiri.

Penggambaran vektor





Contoh gambar vektor:
A : Pangkal (titik tangkap) vektor
B : Ujung (arah) vektor
Panjang AB : nilai atau besar vektor

Notasi vektor 
Notasi vektor dapat ditulis dengaan dua cara, antara lain :
- ditulis dengan huruf tebal misalnya : F , v , a
- ditulis dengan huruf yang diatasnya diberi anak panah misalnya : 
  
Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa klik tombol like dan comment..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top